20 Dampak Negatif Menggunakan Internet

Menggunakan internet yang berlebihan bisa berdampak negatif untuk berbagai kalangan. Hal ini tentunya sangat rentan bagi pertumbuhan dan perkembangan teknologi saat ini. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang mudah digunakan, seperti halnya aplikasi VPN android yang bisa mengakses berbagai situs tanpa batas.

Sebagai seorang manusia yang lahir di era perkembangan teknologi, tidak akan bisa lepas dengan adanya penggunaan internet. Internet itu sekarang sudah seperti sarapan kita tiap pagi, rutinitas kita tiap hari, dan juga kebutuhan untuk bisnis kita. Tetapi apapun yang sudah diciptakan oleh tuhan didunia ini, tidak akan lepas dengan adanya dampak negatif dan juga dampak positif. Dampak positifnya biasanya lebih sedikit kita temukan dibandingkan dampak negatifnya. Itulah manusia, dan sayapun juga seperti itu. Saya menemukan kurang lebih 20 dampak negatif penggunaan internet secara umum. Mungkin terlalu sedikit jika kita cari lagi, mungkin akan dapat lebih banyak lagi.

Adanya tulisan ini hanya sekedar untuk mengingatkan kita akan dampak negatif dari penggunaan internet secara umum. Sehingga kita bisa mengantisifasi, dan menghindari dampak negatif ini. Boleh dibilang mengambil sisi positif dan membuang sisi negatifnya. Bisa atau tidaknya itu tergantung kita sendiri.

Baca Juga:
Tips Mempercepat Koneksi Wifi Menggunakan CMD

20 Dampak Negatif Penggunaan Internet


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Hindarilah sisi negatif dari penggunaan internet. Lalu apa saja yang harus kita hindari saat menggunakan internet?

Add caption20 Dampak Negatif Menggunakan Internet

Apa yang harus kita hindari dari penggunaan internet ?


Banyak sekali hal yang harus dihindari jika sedang memanfaatkan koneksi internet.

1. Tindakan hacking atau cracking
2. Melanggar hak cipta dengan melakukan pembajakan konten berlisensi
3. 20 dampak negatif penggunaan internet
4. Menyebarkan informasi yang menyesatkan
5. Mencuri akun atau menggandakan akun
6. Money loundry
7. Melakukan penipuan
8. Melakukan spaming
9. Dan masih banyak lagi yang lainya. Itu hanya secara garis besar saja

Keuntungan dari tindakan menghindari sisi negatif penggunaan internet


Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita memang bisa menghindari segala sisi negatif dari internet. Tetapi secara umum, keuntungan yang diperoleh yaitu menciptakan internet sehat dan bermanfaat. Baik untuk kita, maupun untuk orang lain. Lalu apa saja dampak negatif dari penggunaan internet secara umum ?

20 dampak negatif penggunaan internet


Ingin menghindari dampak negatif harus mengetahui dampak negatifnya apa saja. Karena tanpa itu mana bisa kita menghindari dampak negatif penggunaan internet secara umum.

1. Hacker
2. Fishing
3. Penipuan
4. Penculikan
5. Pencurian data pribadi
6. Pembajakan
7. Spaming
8. Pornografi
9. Pemborosan
10. Ketergantungan terhadap internet
11. Propokasi
12. Bullying
13. Perjudian
14. Penculikan
15. Fitnah melalui informasi palsu
16. Penyebaran informasi yang berlebihan
17. Kekejaman
18. Hatters
19. Kecanduan dengan internet
20. Penyakit Skizofrenia

Untuk mengatasi pencurian data pribadi saat mengakses internet maka diperlukan suatu aplikasi tambahan, yaitu VPN android agar user lebih nyaman dan aman saat brselancar maya.

Dampak negatif internet dalam Dunia Pendidikan

Add caption20 Dampak Negatif Menggunakan Internet

Sebenarnya dampak negatif internet dalam dunia pendidikan hampir sama seperti dampak secara umum, tetapi ada beberapa dampak yang sangat disoroti dalam dunia pendidikan. dampak inilah yang memang dirasa diakibatkan karena adanya teknologi internet yang berkembang saat ini. apa saja itu ?

1. Penggantian buku sekolah menjadi Tablet, sebelumnya sempat saya dengar beberapa waktu yang lalu tentang rencana penggantian buku tulis sekolah menjadi tablet. hal ini sangat erat kaitanya dengan kemudahan dan juga teknologi internet.

2. Malas Membaca, Kenapa saya bisa bilang begitu karena seorang anak didik akan dengan mudah menemukan apapun tanpa perlu repot repot membaca definisi yang sangat rumit. Selain itu juga, bukan hanya materi pelajaran yang ada di internet, tetapi hal hal yang lainya yang tidak sesuai dengan pendidikan juga ada disana seperti video, gambar, dan yang lainya. itu juga akan membuat anak didik menjadi malas membaca.

Baca Juga:
Beragam Jenis Routerboard Mikrotik dan Spesifikasinya

3. Individualis, akan jarang terlihat adanya interaksi antara teman yang lainya. lebih cenderung individualis dan bekerja sendiri. hal ini sangat kurang baik, mengingat kebutuhan akan kepentingan bermasyarakat di lingkungan sosial sangatlah penting nantinya.

Peran orangtua sangat dibutuhkan di saat seperti ini. dimana internet bisa menguasai fikiran anak didik. Karena masa masa pendidikan adalah masa perkembangan otak dan pembibitan kepribadian anak. diharapkan para orang tua tidak membebaskan anaknya untuk menggunakan internet dalam keseharianya. penggunaan internet harus tetap dikontrol dan di awasi dengan ketat.

Lumayan melelahkan mencari 20 dampak negatif penggunaan internet sesuai kenyataan yang ada. Karena realita yang sudah terjadi seperti yang saya sebutkan di atas. Kalau teknologi semakin berkembang, kemungkinan jumlah dampak negatif akan semakin bertambah. Sekarang tergantung kita saja, bagaimana kita menyikapi perkembangan tersebut. Jangan sampai kita ikut terseret oleh perkembangan teknologi internet. Sepertinya seperti itu dulu penjelasan yang bisa saya berikan. Semoga saja semua penjelasan saya bermanfaat bagi kamu dan juga bagi semua pengguna internet di sekitar kita.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment